Jumat, 20 Januari 2017

makalah dampak perkembangan iptek terhadap kehidupan





Dampak Perkembangan IPTEK Terhadap Kehidupan


MAKALAH

Tugas ini dibuat Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas pada mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar  pada Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam  Semester 1
                                                                        OLEH:
                                       1. Muslim Mustafa                                     (02161114)
                                       2. Mufliha Cahyani                                    (02161121)
                                       3. Hesti Mildanasari                                   (02161138)
                                       4. Chilma Nihayatul Ulya                          (02161140)
Dosen Pemandu: Aqmal wahzan,S.Pd,M.Pd
                                   
                                               
                                                PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
STAIN WATAMPONE
2016






KATA PENGANTAR



Syukur alhamdullilah senangtiasa kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT. Karena atas berkah, rahmat, hidayat dan kesehatan dari-NYA, sehingga kita bisa menyelesaikan makalah ini. Dan tak lupa shalawat dan salam kita kirimkan untuk baginda Nabiullah Muhammad SAW, nabi yang telah membawa ummatnya dari zaman jahiliah kezaman yang terang-benderang, juga nabi yang telah diutus oleh Allah SWT. kemuka bumi ini sebagai rahmatanlilalamin.
Makalah ini kami buat dengan tujuan untuk memenuhi salah satu mata kuliah yakni Ilmu Alamiah Dasar. Kami berharap dalam penyusunan makalah ini dapat memberi manfaat bagi kita semua.
Tentunya kami sadari bahwa penyusunan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, maka dari itu saran dan kritik kami perlukan dalam hal yang bersifat membangun karena tidak dipungkiri bahwa makalah ini masih terdapat kesalahan dalam penyusunanya.        
           
Watampone,2 Desember 2016



Penyusun  
BAB I

PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang Masalah
            Telah menjadi kesepakatan para ahli ilmu pengetahuan, bahwa sasaran ilmu pengetahuan alam adalah alam semesta dengan segala isinya.masalah ilmu pengetahaun sangat kompleks, sehingga memaksa para ilmuan untuk bekerja keras agar dapat mendevinisikan sesuatu hal dengan tepat. Dan memaksa kami untuk bisa memaparkan dampak positif maupun negative dari perkembangan ilmu pengetahuan atau teknologi tersebut.
            Karena seiring waktu perkembangan ilmu pengetahuan alam mempunyai pengaruh yang besar terhadap perkembangan teknologi. Pada hakikatnya teknologi merupakan alat untuk membantu manusia dalam mencapai tujuan secara ilmiah. Semakin besar teknologi yang diciptakan dan dikembangkan semakin besar dampak berupa polusi dan pencemaran yang dihasilkan. Hal ini dapat terjadi karena tidak ada penanganan yang tepat serta panggunaan teknologi yang baik. Tetapi walau bagaimana pun perkembangan teknologi yang semakin maju dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang yang dapat membantu kehidupan manusia.



B.     Rumusan Masalah

1.      Bagaimana Dampak perkembangan iptek terhadap kehidupan
-         Hubungan Ipa dan Teknologi dengan kehidupan social
-         Dampak perkembangan Iptek pada kebutuhan pokok
-         Dampak perkembangan Iptek dari pembangunan industry
-         Dampak perkembangan Iptek dari transportasi modern
-         Dampak perkembangan Iptek dalam bidang komunikasi
-         Dampak perkembanagn Iptek terhadap kesehatan
-         Dampak perkembangan Iptek terhadap sumber daya alam

C.     Tujuan pembahasan
Secara khusus makalah ini disusun untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar (IAD).
                                                   


 


BAB II
PEMBAHASAN
Dampak Perkembangan Iptek Dalam Kehidupan
1.Hubungan IPTEK dengan kehidupan social
Dengan berkembangnya industry dan kegiatan ekonomi, maka memungkinkan orang hidup dalam lapangan pekerjaan tersebut. Hal tersebut dapat dilihat dari angka-angka yang menunjukkan bahwa pekerjaan di pabrik atau perusahaan terus menerus meningkat, sedangkan yang bekerja disektor ertanian makin menurun
            Nilai social juga berubah, pada masa lalu orang merasa bahwa menjadi pegawai nanti dinilai lebih tinggi status sosialnya dibandingkan dengan  para pedagang atau pengusaha. Sekarang menjadi pengusaha atau karyawan pabrik yang dianggap sebagai tenaga tenaga professional yang mempunyai nilai status yang tinggi.
            Semakin berekembangnya teknologi menyebabkan industri yang memproduksi barang secara massal juga makin meningkat. Tetapisering kali juga dimanfaatkan untuk kepentingan negatif, seperti peniruan atau pemalsuan merek dagang, dan sebagainya. Yang majunya masyarakat yang dibarengi dengan peningkatan jumlah penduduk, menyebabkan manusia sering kehilangan nilai etisnya, dan mudah melakukan tindakan yang tercelah dan melanggar hukum .
2.Dampak perkembangan IPTEK pada kebutuhan pokok
a.      Pemenuhan kebutuhan primer
1.      Sandang
Manusia sebagai makhluk susila memerlukan pakaian. Mula-mula pakaian yang dikenakan hanya untuk menutupi auratnya saja. Kemudian pakaian juga berfungsi untuk melindungi diri dari sengatan panas dan udara dingin. Sekarang, pakaian mempunyai fungsi yang lebih luas lagi, yaitu untuk kenyamanan dengan menciptakan jenis pakaian yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya pakaian tidur, pakaian olahraga, pakaian kerja dan sebgainya. Bahkan sekarang orang beranggapan bahwa dapat menunujukkan status social pemakainya. Baik pada abab yang lalu maupum masa kini IPA dan Teknologi menolong manusia dalam pengadaan sandang berupa mesin-mesin testil. Apabila pada abab yang lalu mesin-mesin itu dapat mempercepat proses pembuatan testil yang umumnya masih terbuat dari kapas, maka pada abab sekarang ini IPA dan Teknologi mampu menyumbangkan pada manusia serat-serat sentesis, baik yang terbuat dari pokok-pokok kayu yang diproses secara kimiawi maupun dari bahan galiang. Namun penumuan IPA dan Teknologi ini sehubungan dengan polimer sintesis memiliki dampak negatif yaitu bahan- bahan berupa polimer sintesis itu yang dalam kata sehari-hari disebut plastic.

2.      Pangan
Pangan merupakan kebutuhan pokok manusia untui dapat bertahan hidup. Kebutuhan pangan ini terus meningkat baik kualitas maupun kuantitasnya sejalan dengan jumlah penduduk.
            Usaha untuk memenuhi kebutuhan pangan biasanya dilakukan dengan cara ekstensifikasi, yaitu dengan memperluas lahan pertanian, dan dengan instnfisikasi, yaitu dengan meningkatkan mutu melalui pemilihan bibit unggul, cara penerapan yang lebih baik, pemeliharaan tanaman yang lebih teliti dan pengolahan pasca panen yang lebih sempurna.
3.      Papan
Dalam bahasa yang lebih tradisional pembuatan rumah sangat tergantung dari lahan bahan-bahan yang ada disekitarnya. Misalnya didaerah pegunungan, atap dibuat dari ijuk diderah pantai dari daun rumbia, didaerah yang kaya akan kayu seperti dikalimantan, orang membuat atap dari sirap, di toraja memakai bambu, sedangkan di nusa tenggara menggunakan ilalang.
b.      Pemenuhan kebutuhan sekunder
Kebutuhan sekunder manusia timbul setelah kebutuhan primernya terpenuhi, terutama berupa kebutuhan akibat manusia makin memerlukan hubungan dengan manusia lain. Antara lain diperlukan industri untuk memenuhi kebutuhan secara missal, transfortasi yang diperlukan untuk menyangkut  barang-barang kbutuhan dari satu daerah ke daerah yang lain atau diperlukan untuk hubungan manusia dari satu daerah ke daerah lain, kesehatan semakin terjamin dan sebagainya.
3.Dampak perkembangan iptek dari pembangunan industry
Teknologi merupakan cara yang harus dilakukan manusia dalam usaha untuk memenuhi kebutuhanya yang makin meningkat baik kualitas maupun kuantitasnya. Karena itu diperlukan alih teknologi dari Negara-negara maju ke Negara-negara berkembang. Proses pengambilaliha teknologi ini memerlukan perhitungan yang matang agar teknologi yang baru dapat diterima dan digunakan oleh masyarakat waktu itu. Serta sifatnya melindungi teknologi yang telah ada.
Secara positif industry memang memberikan kegunaan besar pada manusia, tetapi dampak sampingannya berupa limbah industry dapat pula menimbulkan gangguan bagi penduduk yang bertempat tinggal di sekitar kawasan industry.
Untuk memenuhi kehidupan hidupnya,manusia membutuhkan berbagai macam barang.pada mulahnya barang-barang itu dibuat dengan tangan. kemudian dengan kemampuan berpikir manusia dapat menciptakan mesin-mesin untuk membuat barang-barang itu.Dengan mesin-mesin itu baik jumlah maupun kualitas barang dapat ditingkatkan .jadi singkatnya mesin-mesin hasil teknologi ilmu pengetahuan alam itu ialah telah banyak membantu manusia dalam memperoleh barang kebutuhannya.Namun setiap kali ada keuntungan ternyata selalu ada kerugiaannya bagi manusian bila tidak berhati-hati menggunakan mesin-mesin industry itu.berikut ini adalah beberapa contohnya. kita liat industry itu dalam tiga komponennya itu masukan(input), proses, dan hasil-hasil(output).dari segi masukan,industry mtu industry mempunyai dampak negatif misalnya,suatu industry pembuatan kayu lapis membutuhkan bahan baku berupa kayu gelondongan sebesar satu ton setiap hari,maka si pengusaha selalu berpikir akan adanya persediaan kayu sebanyak itu setiap hari agar supaya perusahaannya memperoleh keuntungan.yang seiring terjadi adalah bahwa bahan baku itu tidak ataukurang memperhatikan batas toleransi dari sumber daya hutan dimana kayu itu berasal sehingga yang terjadi adalah kerusakan lingkungan khususnya sumber daya hutan tersebut.
Para proses terjadi kebisingan-kebisingan didalam penggergajian maupun pemotongan-pemotongan kayu,yang sering terjadi adalah bahwa pihak perusahaan lupa akan adanya pengaruh buruk dari kebisingan itu terhadap manusia-manusia yang bekerja dalam pabrik maupun manusia sekitarnya.kebisingan itu dapat menimbulkan kurang pekanya pendengaran maupun daya tangkap otak manusia.
Dalam segi proses ini pun terjadi hasil-hasil sampingan maupu buangan pabrik yang pada umumnya kurang begitu dihiraukan pembuangannya.hasil buangan ini ditumpuk begitu saja di luar pabrik sehingga membusuk atau dibakar.keduanya adalah merupakan sumber polusi baik polusi terhadap tanah,air maupun udara.

            4.Dampak perkembangan IPTEK dari transportasi modern
Penemuan roda memegang peranan pening transportasi, karena dengan roda yang bentuknya bundar dapat diperlukan gerakan yang mudah, kemudian lebih dipermuda lagi dengan digunakannya binatang penarik, sehingga beban manusia semakin ringan. Setelah ditemukannya mesin yang menggerakkan roda, maka transportasi bukan hanya lebih ringan, tetapi juga lebih cepat.
Bersamaan dengan kemajuan di bidang transportasi ini muncul pula dampak-dampak negative, seperti tercemarnya udara oleh banyaknya kendaraan bermotor, tercemarnya lautan, dan tercemarnya udara oleh sisa pembakaran pesawat udara, yang jumlahnya setiap hari terus bertambah.
Sumbangan teknologi ilmu pengetahuan alam dalam bidang transportasi sangat besar.Barang kali akan menjadi lebih jelas apabila kita banyangkan betapa kehidupan kita bila ada mobil,kereta api,kapal laut,kapal udara,dan sebagainnya sebagai alat transportasi.barangkali untuk mengunjungi saudara kita yang berada diluar kota diperlukan waktu yang tidak sedikit.dari Jakarta ke ujung pandang misalnya,dengan kapal layar memerlukan waktu satu bulan, tetapi menggunakan kapal terbang hasil teknologi ilmu pengetahuan alam, hanya memerlukan waktu dua jam saja. Pada zaman dahulu orang memerlukan waktu tahunan dapat mengelilingi dunia, sekarang dengan kapal terbang cukup beberapa hari saja.
Namun kemudahan itu tidak selamanya membawa keberuntungan bagi umat manusia. Maka pada akhirnya terserah pada manusian itu sendiri untuk dapat memanpatkan keunggulan teknologi ilmu pengetahuan alam.  
5.Dampak perkembangan IPTEK dalam bidang komunikasi
Sebagai makhluk social manusia perlu berkomunikasi dengan sesamanya. Cara yang paling sederhana adalah dengan bertatap muka secara langsung, tetapi bila jaraknya jauh tentu diperlukan alat komunikasi.Kemajuan dibidang komunikasi ini dimulai dengan ditemukannya telegraph yang masih mempergunakan kawat oleh Samuel morse (1832), kemudian disempurnakan oleh Guighelmo Marconi yang sudah tanpa kawat (1895). Pada tahun 1872, Alexander Abraham Bell menemukan pesawat telpon, mula-mula masih mempergunakan kawat, kemudian digantikan dengan gelombang radio. Untuk keperluan kantor, sekarang orang dapat mempergunakan telex (teleprinter exchange).
Dengan ditemukannya satelit telekomunikasi kebutuhan manusia makin terpenuhi untuk mengadakan hubungan secara lebih cepat dan murah. Orang makin  mudah mengadakan hubungan satu dengan yang lain.
Salah satu akibat positif dengan majunya komunikasi adalah terjadi deurbanisasi, karena manusia walaupun tinggal juga didaerah pedesaan tidak lagi merasakan ketinggalan bila dibandingkan dengan yang tinggal di kota. Dapat pula dikatakan bahwa dengan majunya komunikasi dan teknologi lainnya, desa-desa menjadi kota dalam pengertian bukan geografis, tetapi teknis social, sehingga perbedaan antara desa dan kota makin lama makin kecil.
6.Dampak perkembangan IPTEK dalam bidang kesehatan
Kebutuhan akan kesehatan makin dirasakan oleh manusia, sehingga usaha untuk memerangi penyakit yang menjadi sumber malapetaka makin giat dilakukan. Dengan biologi sebagai ilmu murni ini berkembang ilmu terapan yang secara praktis berguna bagi kesejahteraan manusia
Sementara itu manusia dibumi yang jumlahnya di kota-kota besar makin banyak, mulai timbul penyakit baru yang sifatnya psikis, antara lain kekalutan mental yang dapat berkembang menjadi frustasi. Kehidupan kota yang keras, tidak mengenal toleransi, sedangkan manusia sendiri makin rakus dan individual, maka gangguan kesehatan yang dikenal dengan stress makin berkembang dalam masyarakat.
Peningkatan suatu ilmu ditentukan oleh sarana dan prasarana yang diperlukan.untuk perkembangan ilmu kedokteran sarana dan prasarana tersebut ialah ilmu dasar(kimia,biologi,dan fisika)serta alat-alat elektronik dan non elektronikserta tenaga peneliti bidangnya.seperti dijelaskan pada perkembangan IPA yang selalu mengikuti perkembangan jaman,maka ilmu dasar tersebut diatas juga berkembangan.dapat disebutkan disini dengan timbulnya:biokimia,biofisika,kimia,fisika,bakteriologi,histology,(ilmujaringan),sitologi(ilmu tentang sel),parasitologi,dan lain-lain yang sejalan dengan perkembangan alat-alat elektronik,seperti timbulnya thermometer mikroskop electron,sinar rontgen,sinar laser stetoskop dan lain-lain.
7.Dampak perkembangan IPTEK dalam sumber daya alam
a. Minyak Bumi
pada sekarang ini minyak bumi merupakan sumber daya alam yang paling utama dalam memenuhi kebutuhan energy dunia. Hal ini dapat dengan mudah kita membayangkan mengingat segala mesin kendaraan misalnya mobil, bus, truk, kereta api, kapal laut, kapal terbang, hamper semua menggunakan minyak bumi bahan bakarnya. Namun kita juga mengetahui bahwa minyak bumi merupakan bahan galian yang tak dapat diperbaharui, artinya sekali pakai habislah dia.Hal ini kita tinjau dari sisa pembakarannya dan kita tinjau dari awal penggaliannya, maka penggalian minyak bumi tidak bisa di hindari adanya tumpahan disekitar pemboran itu. Hal ini jelas akan  merusak lingkungan, baik tumbuhan atau hewan yang hidup di sekitar itu. Tentu saja dampak kepada manusianya juga ada
b.Batu Bara
Lebih berbahaya lagi adalah penambangan batu bara. Kita kenal sejak lama adanya “ cacing tambang” itu baru dari satu segi saja, segi lainnya banyak juga misalnya, bagi manusia-manusia penambang itu sendiri sangat berbahaya, karena gas oksigen dalam tambang itu sangat terbatas, yang banyak adalah gas-gas bumi yang mengesakkan nafas. Pengankutan batu bara dari satu tempat ke tempat lain juga tidal lupuk dari bocoran yang memganggu lingkungan. Akhirnya gas-gas yang timbul dan hasil pembakaran hamper serupa dengan hasil pembakaran minyak bumi. Minyak bumi terbasuk sumber daya alam yang tak dapat diperbaharui. Sumber daya alam lain yang juga tidak dapat diperbaharui adalah semua jenis mineral misalnya seng, besi, tembaga, dan sebagainya. Meskipun demikian teknologi maju bahan tersebut dan yang dapat dipakai ulang.
Dampak positif dan negative teknologi IPA terhadap sumber daya alam



1.      Dampak positif
a)      Perkembangan IPA dan teknologi dapat membuka banyak lapangan pekerjaan baru, dimana sumber daya manusia dapat berperang, baik tenaga maupun pikiran.
b)      Perkembangan IPA dan teknologi dapat menaikkan kwalitas sumber daya manusia ( keterampilan dan kecerdasan manusia ). Keterampilan dan kecerdasan manusia perkembangannya sangat di pengaruhi oleh banyak hal. Perkembangan IPA dan teknologi memungkinkan terjadinya perkembangan keterampilan dan kecerdasan manusia.Hal ini karena dengan perkembangan IPA dan teknologi memungkinkan :
1)Tersedianya sarana dan prasarana penunjang kegiatan ilmiah, misalnya penemuan teori baru, dengan teori baru timbul teknologi baru dengan peralatan yang lebih maju dan seterusnya.
2)Meningkatnya kemakmuran materi dan kesehatan masyarakatnya ( hal ini sangat mengaruhi peningkatan intelegensi manusia sehubungan dengan penemuan gizi
1.      Dampak negative
Pemanpatan perkembangan IPA dan teknologi yang tidak atau kuran tepat bagi kondisi masyarakatnya apabilah tidak menambahkan lapangan pekerjaan, tetapi justru mempersempit lapangan pekerjaan. Hal ini karena efektifitas dan efisien system dalam teknologi baru. Misalnya ,banyak pekerjaan yang mula-mula menjadi tugas manusia yang dapat mengganti oleh mesin.


















BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
1.       Teknologi dan metode ilmiah sangat berperan dalam kehidupan manusia walaupun ada pula dampak-dampaknya, baik yang negatif maupun Dampak yang Positif.
-          Hubungan antara manusia dan teknologi sangat erat sekali, karena teknologi telah memberikan sumbangan besar bagi kehidupan manusia. Seperti dalam bidang transportasi, komunikasi, dan lain sebagainya
-          Kebutuhan pokok terdiri atas 2 yakni kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder yang merupakan suatu hal yang tak bisa di pisahkan oleh manusia.
-          Secara positif industry memang memberikan kegunaan besar pada manusia, tetapi dampak sampingannya berupa limbah industry dapat pula menimbulkan gangguan bagi penduduk yang bertempat tinggal di sekitar kawasan industry
-          Sumbangan teknologi ilmu pengetahuan alam dalam bidang transportasi sangat besar.Barang kali akan menjadi lebih jelas apabila kita banyangkan betapa kehidupan kita bila ada mobil,kereta api,kapal laut,kapal udara,dan sebagainnya sebagai alat transportasi
-          Dengan alat komunikasi, orang dapat berbicara dengan lawan bicaranya nun jauh di seberang samudera, dan tidak saja dapat mendengar suaranya  tetapi juga dapat melihat gambarnya.
-          Perkembangan IPA dan Teknologi dapat meningkatkan ilmu dan fasilitas dibidang kedokteran. Peningkatan suatu ilmu ditentukan oleh sarana dan prasarana yang diperlukan untuk perkembangan ilmu dasar ,serta tenaga peneliti dibidangnya.
-          Dalam memanfaatkan sumber daya alam perlu memperhatikan beberapa linkungan, yaitu lingkungan perlindungan yang matang lingkungan produksi yang tidak dapat pemukiman, begitu juga sebaliknya.jadi alokasi penggunaan eumber daya alam tersebut harus diatur. Dengan demikian ada keseimbangan penggunaan antara lingkungan yang satu dengan yang lain sehingga dapat dimanfaatkan secara terus-menerus
SARAN
Demikian makalah ini kami susun dengan segala kemampuan dan keterbatasan kami. Maka dari itu, kritik dan saran selalu kami tunggu demi perbaikan. Dan semoga makalah ini mudah difahami dan bermanfaat di masa yang akan datang.



DAFTAR PUSTAKA
Aly Abdullah,Ilmu alamiah dasar , Bumi Aksara ,Jakarta ,1993
Rahma Eni Ilmu almiah dasar , Bumi Aksara ,Jakarta ,1993
Ahmadi Abu Ilmu almiah dasar , Rineka Cipta, Jakarta , 2008
Harmoni ati,Ilmu Alamiah Dasar, Gunadarma, 2005


Tidak ada komentar:

Posting Komentar